Langsung ke konten utama

Journal Blog ― Eksplorasi Online

Halooo balik lagii, sekarang Amira mau nyeritain pengalaman ngerjain eksplorasi online tantangan dua.
Aku memilih kawasan Awiligar karena tempat itu yang paling aku kenal dibanding tempat-tempat lain di sekitar rumah, dan karena lumayan banyak tempat yang bisa aku ulas untuk tugas eksplorasi online tantangan dua ini. Intinya di situ banyak pilihannya dan aku lebih kenal.

Aku memulai pengamatan sekitar dengan berjalan kaki menyusuri jalan Awiligar, karena jalan yang naik turun, jadi mau pakai sepeda juga tidak memungkinkan. Biasanya aku melewati jalur itu memakai mobil, tapi kalau pakai mobil nggak seksama lihatnya. Jadi jalan kaki aja deh. Waktu aku jalan itu hari Selasa, tanggal 23 april 2019.

Kami jalan dari rumah mulai jam 8 lebih, kurang lebih kami berjalan 1,2 km dari rumah. Kami nggak banyak menemukan 'harta karun', tapi ada satu tempat yang tadinya kami kira pabrik pigura, ternyata itu gudang daging.

Untuk mengumpulkan informasi, aku lebih banyak dapet cerita dari Mama dan Papa yang sering menceritakan kejadian-kejadian di sekitar rumah, dari situ aku juga dapat informasi. Aku juga mewawancara orang-orang sekitar untuk mendapat informasi lebih teliti.

Aku nggak banyak wawancara sih, untuk pengerjaan daftar tempat dan peta sekitar, aku lebih banyak diceritain Mama soal tempat-tempat di sekitar rumah, aku juga hanya jalan liat-liat tempatnya. Kalau untuk karyanya aku hanya mewawancara Bu Halimah sebagai pemilik warung.

Saat akan mewawancara Bu Halimah, aku datang dulu ke warung pada hari sabtu tanggal 11 mei 2019 (mengingat beliau pasti sibuk dengan pelanggan-pelanggan yang datang ke warungnya) untuk meminta izin mewawancara beliau. Setelah itu, hari senin tanggal 13 mei 2019 baru aku wawancara.

Kendala-kendala untukku sih hanya susah ngerjainnya karena hoream, atau kata lainnya mager kali ya, alias males gerak. Dan awkward karena jarang wawancara/ngobrol sama orang baru. Aku juga kadang mentok kalau sudah bagian nulis, sisanya baik-baik saja.

Keberuntungan apa saja yang kamu dapatkan? Aku nggak begitu ngerti dengan maksud kata 'keberuntungan' disini, tapi mungkin maksudnya sesuatu yang melebihi ekspektasi? eng... nggak ada sih kayaknya, mungkin rasa lega setelah satu-persatu tugasnya selesai... hehe, itu termasuk nggak sih?

Alhamdulillah karena ngerjain tantangan-tantangan dari Eksplorasi Online aku jadi lebih tau tentang lingkungan sekitar, aku juga jadi lebih kenal dengan orang-orang yang ada di dekatku. Aku juga belajar mengerjakan tugas pada waktunya, walaupun masih belum tepat waktu juga sih.


Entah kenapa, aku nggak foto-foto banyak waktu jalan-jalan. So here is it~

Jadi gitu pengalamanku ikut eksplorasi online, Terimakasih juga untuk kakak-kakak yang membimbing, aku cukup senang ngerjain tantangan-tantangannya (walaupun nggak seneng-seneng amat sih)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan ke Ketua RT - Eksplorasi Online

Haii, lama nggak nulis disini... aku mau cerita sedikit pengalaman waktu wawancara ketua RT, dalam rangka memenuhi Tantangan 1 Eksplorasi Online yang diselenggarakan oleh Jaladwara, Garasi, dan Rumah inspirasi. disimak tulisannya yak <3

Berkunjung ke kantor kelurahan ― Eksplorasi Online

Yakk masih dalam rangka Eksplorasi lingkungan sekitar, sekarang pindah ke kelurahan! terus ke kecamatan, lanjut walikota, gubernur, presiden deeh... ditunggu semua tulisannya yaa (sip mulai ngawur)