Langsung ke konten utama

Berkunjung ke Sekretaris RW - Eksplorasi Online

Setelah berkunjung ke ketua RT sebelumnya, kali ini aku berkunjung ke sekretaris RW, sebagai ganti bertemu ketua RW, mangga dibaca terus
Sekretaris RW 09 bernama pak Setyo Gunadi, beliau sudah menjabat sebagai sekretaris RW dari tanggal 27 desember 2017.
sebelumnya pak Setyo lebih banyak bertugas di Jakarta, dan beliau bilang hampir tidak membantu sama sekali tugas-tugas administrasi RW 09.
setelah alm. pak Indra, ketua RW kami sebelumnya, berpulang... pak Setyo banyak dipanggil oleh kelurahan (di telpon) untuk mengurus pemilu yang akan datang, karena belum ada yang mengurus di RW 09. Awalnya pak Setyo mengira kalau beliau sudah tidak tercatat sebagai sekretaris RW lagi, makanya beliau agak kaget saat mengetahui bahwa namanya masih tercatat sebagai sekretaris RW, dan jadi pengganti ketua RW. kalau bukan sekretaris yang diserahi, berarti bendahara yang menggantikan.
jadi, beliau merasa kalau amanah kali ini untuk sementara menggantikan tugas ketua RW adalah peluang untuk lebih banyak berbakti kepada masyarakat. Karena sebelumnya beliau merasa hampir tidak membantu sama sekali tugas administrasi RW.
beliau juga mempersilahkan, kalau masyarakat mau menyelenggarakan pemilihan ketua RW yang baru, karena pak Setyo sendiri hanya menggantikan tugas-tugas ketua RW. Ketua RW sendiri dipilih oleh masyarakat. Dan periode ketua RW untuk menjabat adalah 3 tahun.
di RW 09 ada empat RT. Ada RT 1 yang ketuanya pak Ramelan, RT 2 yang ketuanya pak Ir. Rahmat, RT 3 pak Bunyamin, dan RT 4 pak Rudy.
Untuk pertemuan seluruh warga, RW menyerahkan sepenuhnya pada RT masing-masing.
Menurut pak Setyo sebagai sekretaris RW 09 itu rasanya.. seperti menjalankan tugas, bahagia juga ternyata mengabdi pada masyarakat.

diatas itu hasil wawancara dengan sekretaris RW kami, pak Setyo. untuk list pertanyaannya ada dibawah ini~ eh tapi lupa minta cap... hehe.

  • Bertanya nama lengkap
  • Sudah berapa kali menjabat sebagai ketua RW?
  • Ada berapa RT di RW ini?
  • Apa saja tugas ketua RW?
  • Adakah pertemuan rutin semua warga? 
  • Bagaimana cara menyampaikan informasi yang perlu diketahui warga?
  • Bagaimana proses pemilihan ketua RW?
  • Bagaimana kesannya menjadi ketua RW?
List pertanyaan


Setelah wawancara
Kami (Aku, Adik, dan Papah) berkunjung ke rumah pak Setyo setelah maghrib. Sebelumnya Papah sudah membuat janji dengan pak Setyo untuk bertemu hari Sabtu. Jarak rumahnya dari rumah kami lumayan jauh, jadi kami kesana naik motor.

Setelah selesai wawancara, pak Setyo menceritakan pengalamannya saat menjadi tim penilai pendidikan luar sekolah, beliau juga mendukung pendidikan luar sekolah karena lebih terpantau kegiatan anak-anaknya. Lumayan lama pak Setyo berbagi kisah tentang pengalamannya, serasa didongengin, hehehe.
Setelah selesai dengan kisahnya, pak Setyo minta maaf karena malah 'nguliahin'. Aku sih seneng-seneng aja diceritain gitu, tapi capek juga sih.

Sekian untuk tulisan kunjungan kami ke sekretaris RW, terimakasiih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan ke Ketua RT - Eksplorasi Online

Haii, lama nggak nulis disini... aku mau cerita sedikit pengalaman waktu wawancara ketua RT, dalam rangka memenuhi Tantangan 1 Eksplorasi Online yang diselenggarakan oleh Jaladwara, Garasi, dan Rumah inspirasi. disimak tulisannya yak <3

Berkunjung ke kantor kelurahan ― Eksplorasi Online

Yakk masih dalam rangka Eksplorasi lingkungan sekitar, sekarang pindah ke kelurahan! terus ke kecamatan, lanjut walikota, gubernur, presiden deeh... ditunggu semua tulisannya yaa (sip mulai ngawur)